Perut Kembung dan Mual, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya


Perut kembung sering kali dialami banyak orang, biasanya disertai dengan mual seperti mau muntah. Cara mengatasi perut kembung yang paling sederhana yaitu dengan mengoleskan balsem atau minyak kayu putih pada perut. Hal ini cukup efektif karena bersifat hangat. Perut kembung disebabkan oleh beberapa hal seperti masuk angin, hal ini jelas karena perut berisi angin. Perut kembung juga disebabkan karena penyakit, salah satunya maag. Tanda awal penyakit maag biasanya kembung. Perut kembung juga karena makanan, ada beberapa makanan yang menyebabkan perut kembung seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, kubis, dan semangka.
Setelah mengetahui penyebab perut kembung, saatnya kamu mengetahui beberapa cara mengatasinya. Terkadang perut kembung akan sembuh dengan sendirinya, tetapi kesembuhan harus tetap diusahakan. Perut kembung memang sangat tidak nyaman, membuat aktivitas terganggu. Nah, cara berikut ini semoga bisa membantu anda dalam mengatasi perut kembung:
1. Jeruk nipis berkhasiat mengatasi dan mengobati perut kembung. Untuk dapat merasakan manfaatnya, kamu cukup menyediakan 1 buah jeruk nipis. Kemudian potong secara melintang menjadi 2 bagian lalu peras airnya dalam wadah. Campurkan dengan sedikit minyak kayu putih secara merata. Terakhir oleskan pada perut anda yang kembung.
2. Jahe juga tidak kalah dengan jeruk nipis. Kamu dapat mengolah jahe menjadi minuman yang segar dan menghangatkan. Sediakan beberapa batang jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan. Pipihkan jahe dengan cara ditumbuk. Campurkan dengan air yang baru mendidih ke dalam satu gelas. Saring airnya dan tambahkan madu sebelum diminum
3. Bawang merah juga bermanfaat untuk membantu mengatasi perut kembung. Kamu dapat menggunakannya sebagai obat oles. Caranya cukup mudah yaitu potonglah bawang merah menjadi kecil-kecil atau bisa juga dengan dihaluskan dengan ditumbuk. Setelah itu, campurkan dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Terakhir oleskan pada perut secara merata.
Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi perut kembung dan mual dengan bahan alami. Hindari makanan dingin yang mengandung es agar proses penyembuhan lebih cepat, jika tak lama sembuhnya, hubungi dokterkembung . Sebenarnya masih banyka lagi bahan alami untuk mengatasi perut, Simak selengkapnya di Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

No comments

Powered by Blogger.